Wednesday, September 30, 2015

Terong lezat Sehat

Sejarah Terong
Terung ialah tumbuhan pangan yang ditanam untuk buahnya. Asal-usul budidayanya berada di bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah, tetapi baru dikenal di dunia Barat tidak lebih awal dari sekitar tahun 1500. Buahnya mempunyai berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih. Catatan tertulis yang pertama tentang terung dijumpai dalam Qí mín yào shù, sebuah karya pertanian Tiongkok kuno yang ditulis pada tahun 544. Banyaknya nama bahasa Arab dan Afrika Utara untuk terong serta kurangnya nama Yunani dan Romawi menunjukkan bahwa pohon ini dibawa masuk ke dunia Barat melewati kawasan Laut Tengah oleh bangsa Arab pada awal Abad Pertengahan. Nama ilmiahnya, Solanum melongena, berasal dari istilah Arab abad ke-16 untuk sejenis tanaman terung.

Karena terung merupakan anggota Solanaceae, buah terung pernah dianggap beracun, sebagaimana buah beberapa varietas leunca dan kentang. Sementara buah terung dapat dimakan tanpa dampak buruk apa pun bagi kebanyakan orang, sebagian orang yang lain, memakan buah terung (serupa dengan memakan buah terkait seperti tomat, kentang, dan merica hijau atau lada) bisa berpengaruh pada kesehatan. Sebagian buah terung agak pahit dan mengiritasi perut serta mengakibatkan gastritis. Karena itulah, sebagian sumber, khususnya dari kalangan kesehatan alami, mengatakan bahwa terung dan genus terkait dapat mengakibatkan atau memperburuk artritis dengan kentara dan justru itu, harus dijauhi oleh mereka yang peka terhadapnya.(Wikipedia Indonesia)

Terung mempunyai manfaat hampi sama dengan manfaat kentang dan mempunyai nilai gizi serta mengandung zat gizi yang hampir sama pula, diantaranya:
  1. Niacin
  2. Terong mengandung niacin, juga dikenal sebagai vitamin B-3. Vitamin yang larut dalam air ini menggabungkan berbagai enzim yang memecah lemak, protein, karbohidrat dan alkohol untuk menghasilkan energi. Niacin juga berpartisipasi dalam produksi enzim tubuh dari asam lemak dan kolesterol. Rebusan terong menyediakan 0,6 miligram niacin, sekitar 4 persen kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA).
  3. Nasunin
  4. Nasunin merupakan senyawa antioksidan yang ditemukan pada kulit terong. Journal of Agricultural and Food Chemistry edisi 10 Agustus 2005, melaporkan bahwa penelitian kandungan nasunin dalam terong memiliki kemampuan antiangiogenic. The Cancer Center at the Angiogenesis Foundation menjelaskan bahwa ada sesuatu yang merangsang pertumbuhan baru pembuluh darah dan suplai darah. Sementara itu, hal ini terdengar menjadi hal yang baik bagi kanker. Sel-sel Kanker dapat memperoleh kemampuan angiogenesis, yang berarti mereka dapat mengembangkan untuk meningkatkan suplai darah, yang dapat menyebabkan massa kanker atau tumor untuk tumbuh lebih cepat. Nasunin dalam terong memiliki kemampuan untuk mencegah angiogenesis tersebut terjadi.
  5. Riboflavin
  6. Sejumlah kecil riboflavin, atau vitamin B-2, memberikan kontribusi pada profil gizi terung. Riboflavin bekerja dengan sejumlah enzim yang berbeda dalam tubuh Anda untuk mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi. Enzim tergantung riboflavin juga mendetoksifikasi bahan kimia yang berpotensi berbahaya dan mendukung pemecahan dan penghapusan obat. Secangkir rebus, tiriskan batu terong mengandung 0,02 miligram riboflavin, sekitar 2 persen dari RDA.

  7. Tiamin
  8. Tiamin atau vitamin B-1 adalah vitamin B-kompleks yang larut dalam air dan ditemukan dalam terong. Seperti niasin dan riboflavin, tiamin berpartisipasi dalam produksi energi dari pemecahan makanan. Tubuh menggunakan tiamin untuk menghasilkan bahan genetik untuk sel-sel baru. Terong mengandung 0,08 miligram tiamin per cangkir, sekitar 7 persen dari RDA.
  9. Vitamin E dan K
  10. Terong menyediakan sejumlah fungsi lemak larut vitamin E dan vitamin K. Vitamin E sebagai antioksidan, melindungi jaringan dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia yang disebut radikal bebas. Vitamin K mendukung sistem pembekuan darah dengan membantu dalam produksi yang diperlukan protein. Terong mengandung 0,4 miligram vitamin E dan 2,9 mikrogram vitamin K. Jumlah ini sama dengan sekitar 3 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk setiap vitamin.
  11. Folat
  12. Berbeda dengan fungsi vitamin B untuk pemecahan makanan, folat bertindak terutama sebagai kofaktor kimia dalam produksi bahan selular baru. Produksi sel darah merah normal dan pertumbuhan janin selama kehamilan bergantung pada jumlah folat yang cukup. Secangkir terong rebus mengandung 14 mikrogram folat, sekitar 4 persen dari RDA untuk pria dan wanita hamil dan menyusui.

Terong sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mejaga agar tetap sehat, banyak sekali manfaat terong tersebut, beberapa akan saya share dibawah:
  • Menyehatkan Jantung
  • Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah. Hal ini pada gilirannya akan menurunkan risiko penyakit jantung. Tubuh juga terus terhidrasi dengan baik berkat kandungan kalium dalam sayuran ini. Hal ini memastikan bahwa tidak ada retensi cairan yang mencegah penyakit jantung koroner.
  • Mencegah Diabetes
  • Ini dikarenakan, terong merupakan sumber serat dan rendah karbohidrat larut yang sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.
  • Menurunkan Berat Badan
  • Terong dianggap mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori. Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Tekstur sayuran yang kenyal adalah karakteristik seperti ini adalah salah satu makanan harus dimakan dalam bentuk mentah sebanyak mungkin
  • Membantu Kerja Otak
  • Terong mengandung fitonutrien yang menjaga membran sel yang melindungi dari segala bentuk kerusakan. Memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, sehingga melestarikan fungsi memori. Kentang itu sehat
  • Menyehatkan dan Menjaga Tulang
  • Kandungan kalsium dalam terong dapat memperkuat dan mempertahankan kekuatan sendi dan tulang.
  • Melembabkan Kulit Kepala
  • Terong mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala untuk tetap sehat. Hal ini akan menghindari sejumlah masalah yang terkait terhadap kesehatan kulit kepala.
  • Membantu Pencernaan Tubuh
  • Menjaga sistem pencernaan yang tetap sehat terdapat pada terong karena kandungan serat yang baik. Hal ini akan mencegah sembelit dan resiko kanker usus besar juga dapat dihilangkan
  • Menyehatkan Kulit
  • Terong mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Hal ini akan membantu tubuh dan menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin juga membantu memberikan kulit yang baik.

Ya, begitu banyak manfaat dari terong yang sebenarnya sangat membantu dan menjaga kesehatan tubuh kita. Sedangkan Terong adalah Buah dan sayuran yang sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar kita, harganya murah, barangnya banyak, mudah di dapat. Smoga artikel ini sangat membantu, sehingga kita tetap sehat dengan mudah.

No comments: