Wednesday, September 30, 2015

Kentang itu Sehat


Menurut sejarahnya, kentang berasal dari lembah-lembang dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Jenis tersebut diperkenalkan bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565. Semenjak itulah, kentang menyebar ke negara-negara lain -termasuk Indonesia-. Menurut catatan awal di Indonesia, tumbuhan ini mulai ada semenjak tahun 1794, dimulai dengan penanaman di sekitar Cimahi. Semenjak itu, kentang dapat ditemui pula di Priangan dan Gunung Tengger. Pada tahun 1812, kentang sudah dikenal dan dijual di Kedu. Sedangkan, di Sumatera tumbuhan ini dikenal setahun sebelumnya, 1811. Kentang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur remah lebih disukai (wikipedia Indonesia)

Kentang atau bahasa latinnya Solamun Tuberosum. Tanaman jenis umbi ini sangat terkenal di dunia, dan dibeberapa negara menjadi makanan favorit beberapa orang masyarakat. Bahkan di suatu tempat menjadi bahan makana pokok.
Terkadang kita sering memakan makanan ini (kentang) tetapi kita tidak mengetahui manfaat dari kentang ini sendiri untuk kesehatan tubuh kita.
Kentang ternyata mempunyai nilai gizi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.
  1. Protein dan Serat
  2. Kentang yang seukuran gengam tangan atau sekitar beras 300 gram apaliba direbut ternyata mempunyai nilai gizi 261 kalori, 5,6 gram protein dan 0,3 gram lemak. Kentang yang dikupas kulitnya maupun tidak di kupas, kentang masih tetap menyediakan 5,4 gram serat, dan 2,6 gram gula alami.

  3. Vitamin C dan Vitamin B
  4. buah Kentang yang rebus akan menghasilkan vitamin C dan vitamin B5 (asam pantotenat), serta jenis vitamin B lainnya yaitu tiamin dan niacin. Selain itu kentang rebus juga membantu tubuh kita untuk menghasilkan norepinefrin, yaitu suatu neurotransmitter yang berperan dalam komunikasi saraf, dan menjaga kadar hormon. Vitamin B5 diperlukan oleh tubuh agar memungkinkan untuk memecah nutrisi menjadi energi dan mendukung fungsi hati.
    Satu gelas kentang rebus menyediakan 0,8 miligram vitamin B5, atau sekitar 16 persen kebutuhan tubuh setiap hari . Sedangkan untuk vitamin C, kentang rebus menawarkan sekitar 27 persen untuk wanita, dan 23 persen untuk pria dari jumlah total kebutuhan setiap hari.

  5. Beberapa mineral Penting
  6. Kentang banyak mengandung kaya akan mineral penting, yang bermanfaat untuk membantu tubuh kita dalam membangun tulang yang kuat dan menjaga fungsi saraf dan otot.
  7. Kalium
  8. Kentang mengandung 1,1 kalium. Kalium berfungsi untuk mejaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan fungsi otot
  9. Mangan
  10. Mangan berfungsi sebagai pendukung metabolisme dan memproduksi kolagen-protein untuk menyembuhkan luka
  11. Tembaga
  12. berguna untuk memproduksi oksidase lysyl yaitu suatu enzim yang diperlukan untuk jaringa ikat yang berfungsi mendukung fungsi otak.
  13. Fostor dan Magnesium


  14. Dibawah ini saya share, beberapa manfaat kentang bagi kesehatan, smoga bermanfaat:
    1. Menaikkan Berat badan
    2. Kentang kaya akan karbohidrat dan sedikit protein. Hal ini membuat pola makan yang ideal bagi mereka yang ingin menambah berat badan. Vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan yang tepat dari karbohidrat ini. Itulah mengapa kentang menjadi bagian yang tak terelakkan untuk Pegulat Sumo.
    3. Pencernaan
    4. Karena kentang kaya karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini adalah kabar yang baik untuk pasien, bayi dan mereka yang kurang baik pada pencernaan namun memerlukan energi dari karbohidrat.
    5. Perawatan kulit
    6. Vitamin-C, B kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor magnesium, dan seng adalah sumber yang baik untuk perawatan kulit. Pulp yang diperoleh dalam kentang mentah dihancurkan, dicampur dengan madu, juga dapat dioleskan sebagai tapal pada keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan.
    7. Fungsi otak
    8. Fungsi otak yang tepat sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, beberapa anggota vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak seperti omega-3 asam lemak. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan di atas. Selain itu,kentang juga mengandung zat-zat tertentu lainnya seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga.
    9. Peradangan
    10. Gizi yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C, vitamin B dan potasium adalah sumber yang baik untuk meredakan peradangan, baik internal maupun eksternal seperti radang usus dan sistem pencernaan. Karena kentang itu lembut dan mudah dicerna merupakan kabar baik bagi mereka yang memiliki borok mulut.
    11. Reumatik
    12. Beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium pada kentang dapat membantu mengurangi rematik. 
    13. kentang juga baik untuk jantung, pemulihan energi saat diare



Ternyata kentang banyak manfaat bagi tubuh kita, tidak hanya enak dimakan, apalagi jika di goreng.

No comments: