Tuesday, October 20, 2015

Manfaat Daun Mangga

Mangga, siapa yang tidak tahu dengan mangga, buahnya sedap dan lezat. selain buahnya yang bermanfaat, ternyata daunnya juga bermanfaat bagi kesehatan. Mangga atau mempelam adalah sebuah jenis buah. Mangga termasuk ke dalam suku marga mangifera dan suku Anacardiaceae. nama ilimiah dari mangga adalah Mangifera Indica. Mangga aslinya beasal dari perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar tahun 1500 yang lalu. Daun mangga
berbentuk tunggal, dengan letak tersebar tanpa daun penumpu. panjang tangkai bisa mencapai 1.25-12.5 cm. bentuknya biasanya agak liat seperti kulit, berwarna hijau tua berkilap, berpangkal melancing dengan tepi daun yang bergelombang dan ujungya meluncip. Daun yang masih mudah biasanya berwarna agak kemerahan, keungunan atau berwarna kekuningan, tetapi kemudian bertambah hari maka warnanya akan berubah menjadi warna hijau mengkilap pada atasnya dan berwarna hijau muda pada bagian bawahnya. Umur daun mangga biasanya bisa mencapai 1 tahun.
Mengenai manfaat daun mangga yang dimana banyak sekali manfaatnya,Jika kita lihat dari fungsi serta manfaat daun ini sepertinya banyak yang tidak tahu karena kebanyakan dari mereka atau masyarakat hanya mengkonsumsi buahnya saja dan jarang menggunakan daun ini untuk alternatif untuk penyembuhan.

1. Mengurangi Sakit Diabetes Angiopathy
Diabetes Angiopathy merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan. Penyakit ini menyerang pembuluh darah sang penderita di sekitar pankreas. Namun, dengan daun mangga ini, anda bisa mengurangi sakit penderita Diabetes Angiopathy ini. Anda bisa menggunakan daun mangga sebagai serbuk, lalu dijadikan teh yang nantinya anda seduhkan untuk penderita Diabetes tersebut.
2. Sebagai Penurun Tekanan Darah Tinggi
Tak banyak orang yang tahu, bahwa daun mangga juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi teh yang dicampur dengan serbuk daun mangga dapat mengurangi tekanan darah.
Source Picture: Google Image
3. Menyegarkan Tubuh dan Mengobati Gelisah
Daun Mangga juga dapat bermanfaat bagi anda yang merasa gelisah. Untuk menghilangkan hal tersebut, caranya cukup mudah. Tambahkan dua hingga tiga cangkir teh daun mangga kedalam air mandi anda. Mandilah seperti biasa, maka setelah mandi anda akan merasa lebih segar dan rasa gelisah berkurang. Mandi herbl ini sangat dianjurkan untuk mengurasi rasa pegal dan juga loyo.
4. Penyubur Suami Istri
Salah satu manfat daun mangga yang juga jarang diketahui khalayak umum. Daun mangga juga memiliki fungsi untuk menyuburkan pasangan suami istri. Caranya cukup mudah, silahkan haluskan dua siung bawang merah dan juga daun mangga secukupnya. Lalu campur dengan setengah gelas air hangat, lalu seduhkan. Minum ramuan tersebut secara rutin.
5. Mengobati Asam Urat
Daun mangga selain untuk mengobati diabetes, anda juga dapat memanfaatkannya untuk mengobati asam urat. Caranya cukup mudah, seduh daun mangga dalam air panas, lalu seduhkan. Ramuan dapat ditambahkan madu ataupun gula secukupnya. Anda juga bisa menghaluskan daun mangga untuk memudahkannya.
6. Membantu meringankan penyakit asma.
Cara Mengkonsumsinya Sangat Mudah yaitu : Petik daun mangga beberapa lembar, cuci hingga bersih kemudian cincang, baru dijemur hingga kering, simpan ditempat yang kering lalu ambil 2 sendok teh kemudian seduh dengan 1 cangkir air panas.

No comments: