Saturday, October 10, 2015

Ternyata Anggur Membuat Sehat

Makan buah merupakan anjuran yang sangat baik untuk kesehatan, selain olahraga. buah begitu banyak macamnya dan ragam. ada buah anggur, pisang, mangga, pepaya, pokoknya banyak sih, gak bisa dong disebut satu-satu. Kita disini akan share tentang buah anggur. ya buah yang berwarna ungu, sebesar buah kelereng, berbiji kecil dan enak rasanya (so pasti dong). buah anggur sangatlah mudah mencarinya, disetiap pasar yang jual buah, pastilah ada buah
anggur. Buah anggur sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, karena banyak mengadnung vitamin, mineral dan zat-zat bermanfaat bagi tubuh.
Anggur meningkatkan gen pembasmi kuman. 
Kesimpulan ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Buah blueberry mengandung senyawa ‘pterostilbene’. Senyawa ini dapat meningkatkan aktivitas dari gen cathelicidin antimicrobial peptide (CAMP). Gen CAMP ini dapat memproduksi protein yang membantu membasmi infeksi bakteri. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap beberapa senyawa dan dicari hubungannya dengan aktivasi gen CAMP. Dari penelitian ini dijumpai dua senyawa yang meningkatkan aktivitas dari CAMP, yaitu resveratrol dan pterostilbene. Resveratrol banyak terkandung dalam kulit buah anggur, oleh karena itu terdapat juga pada minuman anggur, sedangkan pterostilbene banyak dijumpai pada blueberry dan anggur.Namun sayangnya, penelitian yang dilakukan masih belum dilakukan pada manusia, namun masih dilakukan pada kultur sel didalam laboratorium. Jadi diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hubungan konsumsi buah ini dalam jumlah besar dengan peningkatan sistem imun.

Vitamin
Anggur merah merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin. Satu porsi anggur merah menawarkan 16 mg vitamin C, yaitu sekitar 27 persen dari nilai harian, berdasarkan diet 2.000 kalori. Anggur juga mengandung 22 mcg vitamin K dan 0,4 mg thiamin, yaitu sekitar 28 persen dan 27 persen dari nilai harian yang dibutuhkan tubuh. Anggur merah juga mengandung sejumlah kecil vitamin E, vitamin A, vitamin K, asam pantotenat, vitamin B-6, folat, beta karoten dan alpha karoten.

Mineral
Anggur merah juga kaya akan beberapa mineral. Satu cangkir anggur merah mengandung 288 mg kalium, 0,2 mg tembaga, 0,1 mg mangan dan besi 0,5 - 10 persen dari nilai harian kalium dan tembaga, 5 persen dari nilai harian mangan dan 1 persen dari nilai harian zat besi.


Resveratrol
Anggur merah mengandung resveratrol, yang merupakan antioksidan polifenol. Antioksidan ini terkonsentrasi di kulit anggur merah. Satu cangkir anggur merah mengandung sekitar 160 g resveratrol. Resveratrol memiliki anti-inflamasi, antioksidan dan antiestrogenik properti, dan dapat mengaktifkan enzim hati yang membersihkan tubuh dari bahan kimia yang tidak diinginkan. Resveratrol juga mungkin memainkan peran dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

Dari zat-zat yang bermanfaat untuk tuubh diatas, anggur bisa bermanfaat bagi kesehatan dan menyembuhkan penyakit antara lain:



Source Picture: Google Image

Anggur dan diet mediterania.
Apakah Anda tahu bahwa populasi daerah mediterania memiliki tingkat penyakit jantung lebih rendah dari dareah lainnya? Ternyata minuman anggur merupakan salah satu kuncinya. Minuman anggur merupakan komponen dari diet populasi daerah mediterania. Warga Mediterania mengkonsumsi anggur secara rutin dalam jumlah sedang (kurang lebih 1-2 cangkir setiap hari).
Selain konsumsi minuman anggur dalam jumlah sedang, diet mediterania juga kaya akan makanan laut, rendah daging merah, kaya kacang-kacangan dan penggunaan minyak zaitun. Cara memasak makanan juga cenderung dipanggang daripada digoreng. Bagi Anda yang ingin menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung, mungkin diet ini adalah jawabannya. Namun yang perlu Anda ingat adalah bahwa pola hidup sehat merupakan satu kesatuan yang terdiri dari pola makan dan olahraga. Jadi Anda tidak dapat mengharapkan hasil maksimal dari hanya mengkonsumsi anggur, jika Anda masih merokok dan malas berolahraga!

Melindungi Organ Jantung Anda. Buah anggur mengandung resveratrol yang berfungsi untuk menurunkan resiko serangan jantung yang dapat menyerang anda sewaktu-waktu. Disamping itu, resveratrol dapat berperan meningkatkan pelebaran pada pembuluh darah. Sehingga darah dapat mudah mengalir lancar keseluruh organ tubuh anda.
Terhindar Dari Kanker Kulit. Aktivitas maupun pekerjaan kadang memaksa tubuh harus terpapar sinar matahari dalam waktu yang relatif lama. Sinar UVB yang berasal dari matahari akan beresikon menyebabkan kanker pada kulit. Kandungan resveratrol pada anggur dapat melindungi kulit dari bahaya kanker kulit.
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Pada Otak. Resveratrol yang terkandung dalam buah anggur dapat membantu meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak. Sehingga kemampuan berpikir dan bertindak pada diri seseorang akan lebih cepat.
Efektif Dalam Melawan Diabetes. Mengkonsumsi buah anggur yang kaya resveratrol mampu menurunkan kadar gula dalam darah sebesar 10 persen. Kabar baik tentunya bagi yang ingin terhindar dari penyakit diabetes.
Menurunkan Kadar Kolesterol Anda. Ini dikarenakan, buah anggur mengandung pterostibene yaitu senyawa yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.
Penangkal Penyakit Asma. Dengan rutin mengkonsumsi buah anggur dapat menghindarkan serta mengobati asma dengan cara yang sehat dan alami.
Mempercepat Pemulihan Otot Secara Efektif. Bagi olahragawan maupun seseorang yang cukup sibuk tentu mengalami berbagai masalah pada ototnya. Buah anggur mengandung sumber antioksidan yang membantu pemulihan otot secara cepat dan lebih efektif sekaligus alami.
Source Picture: Google Image

Nah, setelah mengetahui manfaat buah anggur, tunggu apa lagi? Tentu tidak ada salahnya mengkonsumsi buah ini sebagai tambahan dari makanan pokok anda! Anda tidak akan menolak mengkonsumsi buah anggur yang lezat, bukan? 

No comments: