Monday, September 14, 2015

Manfaat buah Sirsak (Nangka Belanda)

Tanaman sirsak atau Annona muricata L(nama latinnya). Banyak yang beranggapan buah sirsak berasal dari negeri Belanda, namun sebenarnya tidak demikian. Mungkin karena mereka mengambil kesimpulan dari nama buah tersebut yaitu Durian Belanda (sebutan sirsak ditanah minang). Tanaman sirsak berasal dari “Karibia” suatu daerah di Amerika Tengah dan juga berasal dari Amerika Selatan. Pertama kali diperkenalkan diindonesia oleh bangsa Belanda yang dibawanya dari benua Amerika. Makanya durian
ini juga disebut Durian Belanda. Namun sebutan untuk buah sirsak ini untuk berbagai daerah di indonesia juga berbeda-beda misalnya di tanah sunda orang menyebutnya Nangka Walanda, di Jawa orang menyebutnya Nangka Landa, di tanah minang orang menyebutnya dengan Durian Betawi tetapi ada juga yang menyebutnya Durian Belanda.
Buah sirsak rasanya asam manis, bisa menyegarkan apabila dimakan pada siang hari. Banyak dikonsumsi untuk melepakan dahaga dan sering juga digunakan untuk pengobatan tradisional. Tidak hanya buahnya saja, biji, daun serta akarnya juga bermanfaat.



Adapun Kandungan yang terdapat dari Buah Sirsak ini :
1. Serat
Buah sirsak merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat. Serat berfungsi sebagai faslitas gerakan pencernaan serta usus, dan bisa mengontrol kolestrol dalam tubuh. 

2. Karbonhidrat 
Hampir 38 gr karbohidrat terkandung dalam secangkir sirsak. Fungsi utama dari karbohidra yaitu sebagai energi tubuh.

3. Kalium 
Kalium dapat membatu berbagai sistem ditubuh kita seperti sistem otot, tulang, pencernaan dan juga bisa mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

4. Vitamin C
Buah sirsak banyak mengandung vitamin C, berperan pada sistem kekebalan tubuh dan juga membantu melawan penyakit, kerusakan kulit serta menyembuhkan luka. Vitamin C juga sebagai antioksidan untuk menangkal penyakit akibat radikal bebas.
5. Air 
Buah sirsak mengandung banyak air yang bisa kita amati sendiri dari struksurnya yang lembek. Sehingga dengan mengonsumsi buah ini dapat menghindarkan kita dari dehidrasi. 

6. Fosfor dan Kalsium
Fosfor dan kalsium adalah golongan mineral yang dominan terdapat pada buah sirsak, dengan kisaran 27 : 14 mg / 100 gr buah sirsak. Fosfor dan kalsium berperan penting dalam proses pembentukan  massa tulang, sehingga bisa menguatkan tulang dan mencegah pada pelunakan tulang sertapengeroposan pada tulang. 

7. Lemak 
Lemak yang terdapat pada buah sirsak 0,3 gr/ 100 gr buah sirsak, merupakan jumlah yang sedikit, sehingga aman bagi anda yang melakukan diet. Buah sirsak memilki rasa asam manis, rasa asamnya bersumber dari asam organik nonvolatil yang terutama, asam sitrat, asam malat dan asam isositrat.


Lazada Indonesia


Buah Sirsak bermanfaat untuk pengobatan antara lain

Menghilangkan Kolesterol Jahat
Serat yang terkandung di dalam buah sirsak berfungsi untuk menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh dan mempermudah kolesterol tersebut keluar dari dalam tubuh sehingga yang tersisa di dalam tubuh hanya tinggal kolesterol baik. Kadar kolesterol jahat yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol, Anda dapat minum jus buah sirsak secara teratur.


Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Mencegah Penuaan Dini
Selain kaya akan serat, buah sirsak juga kaya akan vitamin C. Untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C bagi tubuh sebesar 60 mg, Anda hanya perlu mengkonsumsi 300 gram buah sirsak setiap hari. Vitamin C berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, mengatasi radikal bebas, dan mencegah terjadinya penuaan dini.



Menjaga Kesehatan Tulang
Buah sirsak mengandung berbagai zat mineral penting bagi tubuh seperti kalsium dan fosfor. Setiap 100 gram buah sirsak mengandung 14 mg kalsium dan 27 mg fosfor. Kedua kandungan mineral ini merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, sirsak juga mengandung banyak tembaga yang dapat membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga dapat menambah kebutuhan nutrisi tulang dengan baik

Mencegah Penyakit Kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat di dalam buah sirsak. Zat ini bermanfaat untuk mencegah berbagai macam virus dan kanker yang berdampak buruk bagi tubuh. Zat-zat yang terkandung di dalam buah sirsak dapat menurunkan jumlah sel kanker untuk 12 jenis penyakit kaner seperti kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, dan beberapa jenis penyakit kanker lainnya.


Mengatasi Sakit Kepala Sebelah (Migrain)
Buh sirsak kaya akan vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B2 berkhasiat untuk menurunkan sakit kepala, termasuk mengatasi sakit kepala sebelah.


Mencegah Penyakit Anemia
Bagi Anda yang sering lemas, Anda mungkin kekurangan sel darah merah. Manfaat buah sirsak dapat membantu meningkatkan sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Anda dapat mengkonsumsi buah sirsak sebagai jus atau dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat ini.


Meningkatkan Energi
Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, aroma buah sirsak yang menyegarkan juga dapat meningkatkan mood. Sedangkan thiamin yang terkandung di dalam buah sirsak dapat membantu meningkat energi sehingga Anda pun menjadi lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

Lazada Indonesia

Mengatasi Wasir atau Ambeien
Manfaat buah sirsak ternyata juga dapat membantu menyembuhkan ambeien. Untuk menyembuhkan ambeien dengan buah sirsak, penderita ambeien dapat mengkonsumsi air sari buah sirsak yang sudah matang sebanyak satu gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari secara teratur untuk mempercepat proses penyembuhan ambeien.


Menyembuhkan Bisul
Bagi Anda yang sedang bisulan dan bingung mencari obat yang tepat, buah sirsak ternyata memiliki manfaat yang efektif untuk menyembuhkan bisul. Untuk pengobatan bisul dengan sirsak caranya ambil buah sirsak yang masih muda. Remas-remas buah tersebut dan tempelkan di bagian tubuh yang terkena bisul selama 20 menit. Lakukan hal ini secara teratur agar bisul dapat segera sembuh.


Menjaga Kelembaban Kulit
Memiliki kulit yang kering bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Buah sirsak kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga kelembutan dan kesehatan kulit tubuh. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah sirsak secara teratur untuk membuat kulit menjadi lebih sehat, kenyal, dan lembab.

No comments: